Thursday 17 September 2015

Oracle VM VirtualBox.

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows, jadi ini adalahoperating system didalam operating system,bingung ye labirin gitu...hehe...ini berguna buat yang ingin belajar atau main-main dengan OS lain tanpa harus booting/berpindah OS, jadi kita bisa mengeksplore Linux tanpa harus keluar dari Windows (dual booting).

Cara Menggunakan VirtualBox | Install OS Dalam OS sbb :
1. Install virtualbox
2. Jalankan virtualbox, lalu klik New






3. Akan terbuka halaman untuk memilih Sistem Operasi dan memberikan nama Virtual Machine yang akan dibuat, disini saya mencontohkan saya menggunakan Linux versi/distro Ubuntu. Sesuaikan dengan pilihan anda, jika sudah klik Next untuk tahap selanjutnya.




4. Setelah itu kita akan menentukan memory RAM, pastikan ukuruannya tidak terlalu besar dan saya sarankan tetap pada garis yang berwarna hijau, klik Next lagi.





5. Setelah membuat memory RAM, tahap selanjutnya membuat Hard Drive, pada contoh ini, saya pilih Create a Virtual Hard Drive Now lalu klik Create




6. Pada tahap ini, kita diperintahkan memilih type Virtual Hard Drive, pada contoh ini saya memilih VHD (Virtual Hard Disk) lalu Next.



7. Pada perintah berikut ini saya memilih Dynamically Allocated lalu Next




8. Menentukan Lokasi Hard Drive dan kapasitas yang diinginkan lalu Create.





 9. Virtual Machine dan Virtual Hard Drive sudah selesai dibuat, selanjutnya memulai proses install Sistem Operasi klik Start.





11. Jika terbuka halaman seperti berikut ini, klik gambar untuk browse.. lalu cari file ISO sistem operasi yang ingin diinstall lalu klik Start Jika telah selesai.





12. Sekarang tinggal melakukan proses intallasi sistem operasi



13. Sekarang kita sudah menggunakan Sistem Opersi dalam Sistem Operasi, contoh pada gambar dibawah saya menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama, dan Ubuntu 12.10 didalam Windows 7




Baik gan,sermoga bermanfaat , perangkat perang bisa didownload disini



1 comment: